Minimalisir Penyakit Dampak Korban Banjir, Dinkes Muba Siaga 24 Jam

BeritaSMART.com, Musi Banyuasin – Menindak lanjuti surat edaran Gubernur Sumatera Selatan Nomor 002/dinkes/ 2020 tanggal 7 Januari tahun 2020 tentang kejadian bencana banjir dan tanah longsor serta masih tingginya nya curah hujan sampai beberapa bulan kedepan.

Maka Dinas kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin telah menginstruksikan kepada kepala puskesmas se-kabupaten muba agar menyiapkan posko-posko kesehatan di titik banjir dan tanah longsor ,serta memberikan pelayanan kesehatan di posko pengungsian, mengkoordinasikan Puskesmas, rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya untuk membantu dan memberikan pelayanan kesehatan bagi korban banjir dan tanah longsor.

Untuk pelayanan gawat darurat masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin dapat memanfaatkan fasilitas layanan PSC Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin di call center 081 23000 119 dan PSC di 28 Puskesmas yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin.

Dan bagi petugas kesehatan agar melaporkan data korban krisis kesehatan akibat bencana banjir dan tanah longsor, berjenjang dalam waktu kurang dari 24 jam dan menjamin seluruh masyarakat yang terkena dampak bencana banjir dan tanah longsor untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sebagaimana mestinya tanpa dipungut biaya.

Dr. H.Azmi Dariusmansyah ,MARS selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin saat di wawancara di ruang kerjanya Selasa 18/02/2020 mengatakan, untuk saat ini kami Dinkes Muba terus berkoordinasi dengan seluruh lini sektor untuk bersiaga 24 jam, bantuan pengobatan dan pelayanan kesehatan terhadap warga masyarakat yang terkena dampak banjir seperti di kecamatan sanga desa, kecamatan keluang, dan kecamatan Lais terus kami perhatikan .

Senada dengan Kepala Dinas Kesehatan Muba, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  Dinas Kesehatan Muba  Mgs. Syarif Toyib, SP, SKM. MM, mengatakan;  untuk sampai saat ini peningkatan kasus penyakit akibat banjir belum terlalu menunjukkan peningkatan yang signitifikan, dan untuk daerah yang berpotensi longsor kemungkinan Desa Teluk Kijing Kecamatan Lais sedangkan untuk daerah lain insya allah aman ujarnya. (iwan).

Rekomendasi Artikel

loading...

Baca Juga

Berita Pilihan

Rekomendasi Untuk Anda

Tinggalkan Balasan