Scroll untuk baca artikel
Internasional

Kecaman Indonesia Anggap Macron Lukai 2 Miliar Umat Muslim Dunia

1289
×

Kecaman Indonesia Anggap Macron Lukai 2 Miliar Umat Muslim Dunia

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron mendapat kecaman dari berbagai negara. Indonesia pun ikut mengecam pernyataan Macron itu.

Pemerintah Indonesia menganggap pernyataan Macron melukai perasaan 2 miliar umat muslim di dunia. Pengecaman itu disampaikan Kementerian Luar Negeri yang disampaikan melalui situs resminya kemlu.go.id, Jumat (30/10/2020).

“Indonesia mengecam pernyataan Presiden Perancis yang menghina agama Islam. Pernyataan tersebut telah melukai perasaan lebih dari 2 Milyar orang muslim di seluruh dunia dan telah memecah persatuan antar umat beragama di dunia,” demikian pernyataan RI, seperti dikutip dari situs resmi Kemlu RI.

Pemerintah mengatakan kebebasan berekspresi memang menjadi hak setiap orang. Namun, setidaknya kebebasan itu tidak tidak mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama.

Pemerintah mengajak seluruh negara untuk menomorsatukan persatuan dan toleransi antarumat beragama.

“Sebagai negara demokrasi ketiga terbesar dan berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia mengajak seluruh negara untuk mendorong persatuan dan toleransi antar umat beragama, terutama di tengah situasi pandemi saat ini,” sambung pernyataan pemerintah RI.

Pemerintah melalui Kemlu juga telah menyampaikan kecaman itu kepada Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard. Penyampaikan sikap Indonesia itu disampaikan kepada Olivier, Selasa (27/10). Namun, Olivier belum memberikan respons terhadap kecaman Indonesia.

“Pertama, Kemlu telah memanggil Duta Besar Prancis. Kedua, dalam pertemuan tersebut Kemlu menyampaikan kecaman terhadap pernyataan Presiden Prancis yang menghina agama Islam,” kata Juru Bicar (Jubir) Kemlu Teuku Faizasyah kepada wartawan, Selasa (27/10).


Baca artikel kami di GOOGLE NEWS

-

Tinggalkan Balasan