Scroll untuk baca artikel
Politik

Ganjar Pranowo Luncurkan Program SMK Gratis untuk Keluarga Miskin

177
×

Ganjar Pranowo Luncurkan Program SMK Gratis untuk Keluarga Miskin

Sebarkan artikel ini

Beritasmart.com – Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, kembali melaunching program unggulannya bersama Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD untuk memberantas kemiskinan struktural di tingkat nasional, yaitu program SMK Gratis Langsung Kerja untuk Keluarga Miskin.

Hal tersebut disampaikan Ganjar di Lapangan Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah pada Jumat (29/12/2023).

Program tersebut digagas setelah melihat keberhasilan program sekolah gratis SMKN Jateng, yang dibuat Ganjar saat menjabat Gubernur Jawa Tengah di periode pertama kepemimpinannya tahun 2014.

“Setelah kita melihat praktik yang sudah berjalan untuk SMKN Jateng untuk keluarga miskin dan mereka langsung bisa kerja, maka Ganjar-Mahfud berkeinginan ini untuk dijadikan program kita kembangkan secara nasional,” kata Ganjar.

Diketahui, SMKN Jateng telah meluluskan sebanyak 1.837 siswa. Dari jumlah lulusan tersebut, sekitar 80 persen di antaranya langsung terserap di dunia kerja dan perguruan tinggi, baik di tingkat nasional maupun luar negeri.

Berdasarkan hal itu, Ganjar menyampaikan keseriusannya untuk menasionalkan SMKN Jateng jika terpilih menjadi Presiden RI 2024-2029.

Untuk melaksanakan program tersebut, Ganjar mengatakan minimal di setiap kabupaten dan kota bakal didirikan satu SMK Gratis. Sekolah tersebut bakal mengutamakan anak-anak yang berasal dari keluarga miskin.

Ganjar menyebut, pemerintah sebagai pemangku kepentingan akan menjembatani pihak sekolah dengan perusahaan untuk meneken kerja sama. Diharapkan program itu akan membuka kesempatan bagi anak dari keluarga miskin untuk sekolah dan mendapatkan hak kesetaraan pendidikan.

Baca artikel kami di GOOGLE NEWS

-

Tinggalkan Balasan