Scroll untuk baca artikel
Politik

Mahfud MD Setuju Ucapan Wapres Ma’ruf Amin soal Wapres Bukan Ban Serep

156
×

Mahfud MD Setuju Ucapan Wapres Ma’ruf Amin soal Wapres Bukan Ban Serep

Sebarkan artikel ini

Beritasmart.com – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD sependapat dengan ucapan Wapres Ma’ruf Amin perihal kedudukan Wapres bukan seperti ban serep bagi Presiden. Wapres juga memiliki porsi tugas tersendiri, meskipun dalam kapasitasnya membantu Presiden.

“Betul, wapres itu tidak boleh lebih tinggi dari presiden. Oleh sebab itu, setiap tugas wapres harus diberikan oleh presiden. Jadi presiden harus memberikan tugas-tugas apa yang harus wapres lakukan,” kata Mahfud di, Muncar, Banyuwangi, Jumat (29/12/2023).

Lebih lanjut, Mahfud mengaku telah membagi tugas dengan Calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo, jika nantinya menang di pilpres 2024.

Dia nanti akan mengerjakan permasalahan terkait korupsi dan penegakan hukum. Kendati demikian, Mahfud mengatakan segala urusan pekerjaannya tetap akan diserahkan kepada Ganjar.

“Nah untuk saya sudah di bicarakan dengan pimpinan partai maupun dengan Pak Ganjar dan TPN, bahwa nanti masalah penegakan hukum, pemberantasan korupsi, penegakan HAM dan pembangunan politik yang demokratis dan berkeadaban itu diserahkan kepada wapres untuk mengurusnya tetapi tetap di bawah tanggung jawab dan garis kebijakan presiden,” sambungnya.

Sebelumnya, Ma’ruf Amin menegaskan posisi Wapres tidak boleh melebihi kedudukan presiden. Jabatan Wapres juga bukan seperti ban serep, karena tetap memiliki tugas kenegaraan.

“Bukan ban serep. Ya artinya fungsinya disesuaikan dengan memang posisi dia sebagai Wapres, jangan Wapres mau jadi Presiden. Tapi Wapres juga harus berfungsi sesuai dengan porsi yang seharusnya dilakukan,” kata Wapres menjawab pertanyaan dari awak media usai meninjau Rumah Pelita di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (28/12/2023).

Baca artikel kami di GOOGLE NEWS

-

Tinggalkan Balasan