Masjid Seribu Tiang, Masjid Terbesar di Jambi

  • Bagikan

Jambi – Saat berwisata ke Jambi, traveler bisa singgah ke masjid ini. Julukannya masjid seribu tiang di jantung kota.

Banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di Jambi. Salah satunya, Masjid Agung Al-Falah atau nama lainnya masjid seribu tiang.

Masjid ini berada di Jalan Sultan Thaha Syaifuddin, Kecamatan Legok. Meski mendapatkan julukan masjid seribu tiang, namun sejatinya jumlah tiangnya tidaklah sebanyak itu.

Salah satu alasan kuat untuk mendirikan masjid dan dibangun di lokasi bersejarah adalah mengacu pada lambang kota Jambi. Dalam lambang itu terdapat gambar masjid.

Masjid Agung Al-Falah di Jambi diresmikan penggunaannya oleh Soeharto pada tanggal 29September 1980.

Sejarawan Jambi, Junaidi T Nur, memperkuat dengan menyebut bahwa Mesjid Agung Al Falah ini berdiri di lahan bekas Istana Tanah Pilih dari Sultan Thaha Syaifudin.

Baca Juga :  Wamen PUPR Cicipi Keripik Biji Karet Muba

Masjid kebanggaan warga Jambi ini berdiri di atas lahan seluas lebih dari 26.890 meter persegi atau lebih dari 2,7 hektare. Adapun, luas bangunan masjid adalah 6.400 meter persegi dengan ukuran 80 meter x 80 meter. Masjid ini mampu menampung 10 ribu jamaah sekaligus.

Sejak awal dibangun, Masjid Agung Al Falah atau masjid seribu tiang hingga sekarang tetap dipertahankan sesuai bentuk awalnya. Kalaupun ada renovasi hanya penambahan ukiran pada mihrab imam, tanpa merombak bentuk awal masjid serta mengganti pembungkus tiang di tahun 2008.

Sekarang, masjid kebanggaan Jambi ini menjadi salah satu destinasi favorit dan selalu ramai dikunjungi. Tidak hanya untuk beribadah, namun juga ada wisatawan yang berfoto di masjid megah ini.

  • Bagikan
Open chat