Hukum  

Korlantas Polri Gelar Latihan Pra Operasi Lilin 2022

NASIONAL, – Dalam rangka pengamanan Operasi Lilin menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, menggelar latihan Pra Operasi lilin dan Bimbingan Teknis (Latpraops Bimtek) yang diikuti dari tiap-tiap personel terdiri dari Korps Lalu Lintas (Korlantas), Korps Brimob dan Korps Sabhara Baharkam, Korps Kepolisian Perairan dan Udara Baharkam Polri dan Detasemen khusus 88 Anti Teror (Densus 88), Rabu (21/12/2022).

Asops Polri Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.S.i, mengatakan tujuan Lat Pra Operasi Lilin tersebut dilakukan dalam rangka mempersiapkan seluruh personel untuk meniadakan segala bentuk gangguan keamanan menjelang perayaan natal dan tahun baru 2023 dan menjamin keamanannya melalui Latpraops dan Bimtek. Para personel diharapkan dapat menjalankan tugas secara proaktif, profesional dan proporsional.

“Bimtek dan Latpraops gelar pasukan ini adalah langkah konsolidasi dalam menyamakan persepsi guna cara bertindak selama pelaksanaan operasi di lapangan,” ucap Asisten Operasi Kapolri Irjen. Pol. Agung di aula Madellu gedung NTMC, Jakarta, Rabu (21/12/2022).

Mantan Kapolda Riau ini juga mengimbau agar personel yang ditugaskan fokus pada pengamanan di titik-titik rawan. Mengingat kepada para anggota yang terlibat dalam latihan Pra Operasi Lilin 2022 bahwa konsentrasi dari operasi adalah pengamanan di titik-titik yang rawan seperti tempat ibadah, tempat wisata, pusat pemberlanjaan, pendistribusian dan sampai tempat-tempat yang terdeteksi memicu rawan serangan kriminalitas maupun radikalisme.

Jenderal Bintang dua ini juga mengingatkan kepada para personel untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme Polri dalam pengamanan natal dan tahun baru 2023, guna memelihara keamananan dalam negeri dan tidak terjadinya gangguan-gangguan yang dapat menyebabkan kegaduhan.

“Operasi lilin ini akan, dilakukan secara serentak selama 11 hari, terhitung dari tanggal 23 Desember sampai 2 Januari 2022.

Diharapkan Polri dapat memberikan kepercayaan publik dalam hal pelayanan yang terbaik dan maksimal, sehingga masyarakat merasa terbantu dan terayomi,” tegas Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi, S.H., S.I.K., M.S.i,

Sebelumnya, Polri memastikan tugas pokok operasi lilin adalah menyelenggarakan pengamanan pada tempat keramaian dan rawan kriminalitas.

Dengan cara melaksanakan kegiatan intelijen dengan cara mendeteksi gangguan kamtibmas menjelang natal dan tahun baru, mensterilisasi tempat ibadah agar terhindar dari gangguan, melakukan patroli pada tempat keramaian dan yang dianggap rawan, melakukan pengaturan lalulintas, penegakan hukum terhadap segala bentuk gangguan hari raya natal, menyediakan perlengkapan medis, logistik dan sarana prasarana guna menyokong pelaksanaan tugas oleh personil.

Dalam kegiatan Lat Pra Operasi Lilin 2022, turut hadir Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol. Aan Suhanan, Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol. Yusri Yunus, Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, Kasubditwal & PJR Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Juni dan Perwakilan satkeholder yang lainnya.

sumber humas.polri.go.id

Baca juga artikel kami di GOOGLE NEWS

Tinggalkan Balasan