Mau Dapat Uang dari Internet! Begini Caranya

Cara mendapatkan uang dari internet tidaklah terlalu sulit. Banyak orang yang telah menghasilkan ratusan juta rupiah dari aktivitas online mereka. Anda juga dapat meraih kesuksesan yang sama.

Di antara banyaknya cara mendapatkan uang via online, kami telah merangkum beberapa cara yang paling menguntungkan. Berikut di antaranya:

  1. Bergabung dengan Program Afiliasi
  2. Membuka Toko Online
  3. Menghasilkan Uang dari Blog
  4. Berjualan Software di Internet
  5. Membuat Kursus Online
  6. Menjadi Social Media Influencer
  7. Mendapatkan Uang dari Podcasting
  8. Menjadi Reseller Hosting
  9. Menyewakan Space Iklan di Website

Dan masih banyak lagi, simak lebih lanjut!

Berikut cara mendapatkan uang dari internet yang bisa Anda coba. Mari kita bahas satu per satu!

1. Bergabung dengan Program Afiliasi

Secara sederhana, afiliasi adalah kerja sama promosi dan penjualan produk. Anda akan mendapatkan imbalan berupa komisi untuk tiap produk yang terjual. Prinsip dasarnya, revenue sharing alias berbagi pendapatan. 

Bisa dikatakan afiliasi adalah cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal. Sebab, hampir semua program afiliasi memungkinkan Anda bergabung secara gratis

Untuk menjadi afiliator, Anda perlu mendaftar sebuah program afiliasi terlebih dahulu. Anda bisa bergabung dengan Program Afiliasi tanpa biaya pendaftaran.

Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan banner atau kode refferal. Anda bisa membagikannya ke orang lain. Bisa ke pengunjung website atau follower Anda di media sosial. 

Pada saat seseorang menggunakan link Anda dan melakukan pembelian produk, Anda akan mendapatkan komisi. Beginilah ilustrasi sederhananya:

Secara umum, afiliasi bisa menunjukkan hasil dalam waktu relatif cepat. Jadi, memilih program afiliasi yang tepat itu penting. Dan program afiliasi yang baik memiliki ciri sebagai berikut: 

  • Komisi menguntungkan.
  • Pembayaran tepat waktu.
  • Registrasi mudah dilakukan. 

2. Membuka Toko Online

Membuat toko online bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet. Terutama, jika Anda memiliki produk barang yang berkualitas. 

Toko online merupakan sebuah website yang memajang beragam produk untuk dijual. Toko online juga disertai fitur yang memudahkan transaksi pembelian.

Tiap pembayaran bisa dilakukan secara otomatis lewat payment gateway. Sudah begitu, toko online Anda bisa terus buka selama 24 jam.

Toko online juga menawarkan jangkauan audiens yang lebih luas. Berbeda halnya ketika Anda menjual produk secara offline dengan pasar terbatas. Selain itu, biaya pengelolaan toko online jauh lebih kecil. 

Toko online yang dikelola dengan baik dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. 

Pertama, Anda perlu membuat toko online terlebih dahulu. Kami menyarankan Anda menggunakan platform WordPress dan juga plugin WooCommerce

Tahap selanjutnya, lakukanlah pengaturan toko online, mulai dari menentukan jenis pembayaran yang diterima hingga aturan pengiriman barang.

Setelah itu, tambahkanlah produk yang Anda jual, lengkap dengan deskripsinya. Untuk memudahkan pembeli, Anda juga dapat mengaturnya dalam beberapa kategori. 

Dengan demikian, Anda sudah siap menjual produk secara online. Untuk meningkatkan penjualan, jangan lupa untuk belajar digital marketing

Selain itu, perhatikanlah fitur toko online Anda untuk meraih kesuksesan dengan cepat. Fitur utama yang harus ada antara lain:

  • User friendly dan mobile responsive.
  • Halaman promo.
  • Payment gateway.

3. Menghasilkan Uang dari Blog

Blogging bukan lagi sekedar hobi. Kegiatan ini bisa menjadi cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula tanpa modal.

Siapapun bisa membuat dan menulis blog, tidak ada aturan pakem topik apa yang harus ditulis. Anda bebas ingin menulis topik apapun. 

Untuk mendapatkan uang dari blogging, tentu Anda harus membuat blog sebagai langkah awal. Ingat, selalu buatlah blog dengan berlangganan hosting. Sebab, memanfaatkan blog gratis memiliki beberapa kelemahan untuk mendapatkan uang dari internet. 

Pertama, hampir semua platform blog gratis melarang Anda memasang iklan. Kedua, platform blog bisa saja menghapus blog Anda jika dianggap melanggar. Artinya, Anda tidak memiliki kendali penuh atas blog tersebut. 

Nah, jika blog pribadi Anda sudah online, lanjutkanlah pada tahapan pembuatan ide konten blog yang menarik. Semakin bermanfaat konten tersebut, semakin besar kemungkinan pengunjung yang bisa didapat. 

Agar lebih cepat mendapatkan banyak pengunjung, Anda bisa belajar cara meningkatkan traffic blog dengan tepat.

Jika kondisi tersebut sudah dicapai, Anda bisa mulai upaya mendapatkan penghasilan online. Dari mana saja?

  • Iklan. Anda bisa bergabung dengan Google Adsense. (Panduan dan Cara Daftar Google Adsense dengan Mudah). Saat pengunjung mengklik iklan yang dipasang di blog, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan. 
  • Sponsored Posts. Anda bisa bekerja sama dengan pihak lain untuk mengulas suatu produk di blog Anda. 
  • Afiliasi. Cukup tempatkan banner afiliasi di blog Anda. Lalu, dapatkan komisi setiap kali pengunjung mengklik link tersebut. 

Nah, untuk dapat membangun blog yang baik, kami memiliki beberapa tips untuk Anda.

Pertama, pilihlah topik (niche) yang Anda kuasai. Kedua, aktiflah bekerjasama dengan banyak pihak untuk meningkatkan link. Ketiga, pelajari SEO agar lebih cepat mendapatkan pengunjung. 

4. Berjualan Software di Internet

Anda paham coding? Manfaatkanlah keahlian tersebut sebagai cara mendapat uang dari internet tanpa modal. Berbekal laptop yang Anda miliki, Anda bisa mulai cari uang online dari rumah. 

Sebuah software bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan masyarakat seperti software kasir. Atau, bisa berawal dari ide pribadi Anda.

Nah, bagaimana cara berjualan software?

Ketika produk software sudah jadi, Anda bisa langsung menjualnya. Beberapa cara antara lain:

  • Membagikan versi gratis dan menjual versi premium di website Anda.
  • Menjualnya melalui App Store sesuai sistem operasinya (Apple Store, Play Store).
  • Menawarkan versi trial di website dan menawarkan lisensinya.
  • Menjual software dengan sistem SaaS (Software as a Service).
  • Menerima permintaan pembuatan software khusus melalui website.

5. Membuat Kursus Online

Hampir sama dengan online coaching, membuat kursus online juga memungkinkan Anda menghasilkan uang dengan bekal keahlian. 

Bedanya, kursus online menuntut Anda memiliki website sebagai pusat aktivitas online dan lebih menekankan penyediaan materi pengajaran yang menarik, seperti RuangGuru

Untuk membuat kursus online, Anda bisa membangun website dengan platform WordPress, lalu menginstall plugin LMS. 

Plugin LMS memungkinkan Anda membangun kursus online dengan mudah di website WordPress Anda. Fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap seperti penataan kursus, pembuatan quiz, dan pengelolaan pembayaran. 

Untuk meraih hasil optimal saat membuka kursus online, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui:

  • Pilihlah salah satu topik (niche) yang Anda kuasai seperti coding, desain, dll.
  • Pastikan topik tersebut banyak diminati.
  • Buatlah konten yang menarik dan interaktif.
  • Sediakan beragam jenis pembayaran untuk memudahkan konsumen.

6. Menjadi Social Media Influencer

Sesuai namanya, influencer adalah seseorang yang mampu mempengaruhi masyarakat untuk membeli suatu produk berkat keahlian atau reputasinya.

Anda mungkin tidak menyadari bahwa menjadi influencer, terutama di media sosial, merupakan cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula yang ampuh. 

Faktanya, 80% perusahaan bersedia membayar seorang influencer karena cara tersebut dianggap efektif. Jika seseorang sesuai dengan target pasar yang ingin dijangkau, tak jarang pebisnis akan mengajak kerjasama untuk memasarkan suatu produk.

Menariknya, semua platform media sosial seperti Instagram atau Facebook memiliki audiens sendiri. Jadi apapun level influencer Anda, kejelian melihat peluang dan platform yang tepat dapat membantu kesuksesan. 

Jika ingin menggunakan cara menghasilkan uang dari internet ini, Anda bisa melakukan hal berikut:

  • Pilihlah topik khusus (niche).
  • Bagikan informasi yang bermanfaat dan relevan.
  • Bangun komunikasi dengan audiens.
  • Bangun reputasi online yang baik.

7. Mendapatkan Uang dari Podcasting

Podcasting adalah berbagi konten audio secara online.

Apakah podcasting bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet? Bisa.

Meskipun podcast masih belum populer di Indonesia, tapi potensi keberhasilan cara ini cukup tinggi. Sebab, Anda bisa menjadi podcaster pertama dengan topik tertentu dan memiliki jutaan pendengar. 

Seperti halnya blogging, podcasting memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan, sponsor, afiliasi, donasi, dan lainnya. 

Sebagai langkah awal, Anda bisa membuat website WordPress dan memasang plugin podcast seperti PowerPress. Lalu, Anda bisa menghubungkan ke beberapa platform. Contohnya, Spotify for Podcaster atau Google Podcasts

Untuk membangun podcast yang sukses, inilah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

  • Pilihlah topik yang disukai karena akan mendatangkan iklan.
  • Bangun brand dari kegiatan podcasting Anda.
  • Ciptakan konten menarik dengan kualitas audio terbaik.
  • Tumbuhkan audiens Anda dengan engagement yang tepat.

8. Menjadi Reseller Hosting

Tahukah Anda kalau saat ini, jumlah website di dunia menyentuh angka 1,7 miliar? Hebatnya lagi, jumlah tersebut akan terus meningkat seiring tren Go Online akhir-akhir ini.

Maka dari itu, reseller hosting bisa menjadi peluang cara menghasilkan uang dari internet yang cukup menggiurkan. Berapa keuntungannya? Bisa mencapai puluhan juta rupiah! dengan kerja santai.

9. Menyewakan Space Iklan di Website

Anda pasti sering melihat “Space Iklan Disewakan” pada papan baliho di berbagai penjuru kota, Nah, Anda juga bisa melakukannya pada website/blog Anda.

Jadi, Anda sediakan space kosong khusus di website Anda. Entah itu di halaman utama atau di dalam artikel. Lalu, Anda sewakan space tersebut untuk dipasang banner iklan.

Keuntungan dari menyewakan space iklan ini adalah Anda bebas memasang harga. Namun ingat, pastikan website/blog Anda mempunyai pengunjung yang besar dan stabil agar orang lain tertarik menyewa space tersebut.

Demikian artikel dari kami, bagaimana cara mendapatkan uang dari internet diatas, dari beberapa cara diatas silahkan Anda coba….

Baca juga artikel kami di GOOGLE NEWS

Tinggalkan Balasan