Scroll untuk baca artikel
Politik

PDIP Resmi Usung Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024

473
×

PDIP Resmi Usung Ganjar Pranowo Jadi Capres 2024

Sebarkan artikel ini
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri umumkan calon presiden yang diusung pada Pilpres 2024

POLITIK, – Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputi mengumumkan, partainya resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024.

“Pada jam 13.45, dengan mengucap bismillahrohman nirohim, menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang Gubernur Jateng sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasan sebagai calon presiden RI dari PDIP,” ujar Megawati dalam Rapat DPP Partai Ke-140 Diperluas Tiga Pilar di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat yang ditayangkan secara daring, Jumat (21/4/2023).

Saat ini, Ganjar Pranowo sendiri merupakan Gubernur Jawa Tengah dan menjabat dua periode sejak 23 Agustus 2013. Namanya kerap masuk bursa calon presiden dengan elektabilitas yang signifikan.

Melansir wikipedia, pria kelahiran 28 Oktober 1968 sebelumnya adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (PDR) dari Fraksi PDI PDIP periode 2004–2009 dan 2009–2013.

Ia juga sedang menjabat sebagai Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) selama dua periode, yaitu 2014–2019 dan 2019–2024. Selain itu, Ketua Umum Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (Persada.id).

Dengan segudang prestasi yang dimiliki, Ganjar tak luput dari kontroversi. Dirinya pernah dihujani kritik atas pernyataannya suka menonton film porno.

Lainnya saat Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Ganjar menjadi salah satu yang menolak kedatangan Timnas Israel ke Tanah Air. Berdalih mengikuti Sukarno, dan menganggap Israel sebagai penjajah.

Buntut polemik yang terjadi, akhirnya FIFA mencabut status tuan rumah Indonesia dari turnamen tersebut. Sehingga menggugurkan pula tiket otomatis Timnas Indonesia untuk dapat bermain pada kejuaraan tersebut.

Pengumuman Capres PDIP dihadiri sejumlah fungsionaris partai, di antaranya ada Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan politikus PDIP. Kemudian, dihadiri Ketua DPD PDIP dan sederet kader partai.

Baca artikel kami di GOOGLE NEWS

-

Tinggalkan Balasan