Kominfo Siap Dukung Sosialisasi Peringatan Harlah Pancasila Tahun 2021

  • Bagikan

Jakarta, – Kementerian Komunikasi dan Informatika membahas kerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila untuk Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021. Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba menyatakan kesiapan untuk kerja sama dan mendukung peringatan yang berlangsung bulan depan.

“Sebagai kementerian strategis yang memiliki fungsi dalam menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan informasi dan komunikasi publik, Kementerian Kominfo secara rutin menyebarkan program-program strategis Pemerintah melalui diseminasi informasi melalui berbagai kanal media sosial sebagai wadah sosialisasi program dan capaian kerja,” jelasnya ketika menerima kunjungan perwakilan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (28/05/2021). 

Menurut Sekjen Mira, hal itu sejalan dengan salah tugas dari Kementerian Kominfo sebagai Government Public Relation (GPR). “Oleh karena itu, untuk mendukung sosialisasi Harlah Pancasila 1 juni nanti, kami memiliki Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik yang terdiri dari satu sekretariat, lima Direktorat, serta dua Unit Pelaksan Teknis (UPT) yang akan membantu menyebarluaskan konten-konten BPIP terkait Harlah Pancasila,” ungkapnya.

Sekjen Kementerian Kominfo menjelaskan, dalam melakukan diseminasi informasi kepada publik, Ditjen IKP memiliki sejumlah kanal seperti Goverment Public Relations Televisi (GPR TV), Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9), infopublik.id, serta indonesiabaik.id.

“Kanal-kanal itu merupakan aggregator konten-konten Pemerintah. Beragam informasi mengenai program kerja dan kegiatan yang dilakasanakan Pemerintah dan Kominfo, kami publikasikan di situ. Seperti contoh, program literasi digital yang diluncurkan Bapak Presiden Joko Widodo pada 20 Mei lalu,” jelasnya.

Dalam pertemuan itu, Sekjen Mira Tayyiba memaparkan, program literasi digital ini bukan hanya mengenalkan cakap digital kepada masyarakat. Lebih dari itu, dalam program ini masyarakat juga dapat juga belajar meningkatan kompetensi, diberi pemahaman mengenai pembelajaran etika, menjaga keamanan data dan sosial. “Lewat literasi digital ini, masyarakat bisa juga menjadi juru bicara yang mengedukasi tiers-nya,” tuturnya. 

Berkaitan dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, Sekjen Kementerian Kominfo menyatakan kesiapan dukungan untuk sosialisasi dan kerja sama. 

“Terkait sosialisasi Harlah Pancasila, kami ada juga program Pendekar Pancasila. Jadi kami sangat bersemangat untuk mendengar program-program apa yang bisa kami kerja samakan,” tandasnya.

Upacara Daring dan Lomba

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP, Rima Agristina mengungkapkan permintaan dukungan dari Kementerian Kominfo dalam pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan sesuai Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

“Karena ini merupakan upacara kenegaraan dan bertepatan juga menjadi hari libur nasional. Jadi, kami mohon dukungan agar disampaikan kepada masyarakat sehingga libur nasional ini diisi dengan memperingati Hari Lahir Pancasila, sebab hari libur ini bukan untuk wisata,” pintanya.

Mengenai pelaksanaan, Deputi Rima menyatakan upacara akan dilaksanakan secara dua tahap yaitu pada pukul 08.00 WIB dan diikuti oleh seluruh instansi pemerintah maupun swasta dan pendidikan dan berlangsung daring. “Selanjutnya, pada pukul 10.00 WIB, masayarakat bisa mengikuti upacara terpusat dengan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo,” jelasnya.

Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP juga menyatakan setelah upacara peringatan, akan digelar Bulan Pancasila yang berlangsung dari 1 Juni sampai dengan Agustus 2021. Menurut Deputi Rima, sepanjang bulan tersebut, BPIP mengajak kementerian, lembaga dan masyarakat untuk mengekspresikan optimisme merasakan lahirnya Pancasila sebagai dasar Indonesia Merdeka.

“Nantinya, akan ada banyak lomba yang dilakukan acara dan BPIP mengundang kreativitas masyarakat. Dari Kominfo, saya juga yakin membuat berbagai macam bentuk untuk mengajak para peserta yang mengikuti kursus pendekar guna membangun konten positif, membuat sesuatu yang menggairahkan optimisme di masa pandemi sehingga juga pemerintah bisa mengendalikan Covid-19 ini untuk pemulihan nasional dan kebanggaan terhadap Indonesia,” papar Deputi Rima.

Dalam acara itu, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP didampingi Deputi Bidang Hubungan antar LSKJ BPIP, Prakoso; Direktur Evaluasi, Edi Subowo, serta Direktur SKJ, Akbar Hadiprabowo. Sementara Sekjen Kementerian Kominfo didampingi Sekretaris Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Sumiati; Direktur Informasi dan Komunikasi Polhukam, Bambang Gunawan dan Plt. Kepala Biro Humas Setjen Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu.

  •  
  •  
  • Bagikan