Manfaat dan Keuntungan Mengikuti Program Afiliasi Marketing

Program afiliasi dirancang oleh perusahaan untuk pengembangan bisnis dengan bantuan pihak ketiga yang tidak terikat secara langsung dengan perusahaan.

Sebagai pihak yang dibutuhkan, perusahaan tentu mempertimbangkan manfaat atau keuntungan yang diperoleh bagi siapapun yang mengikuti program afiliasi di perusahaannya. (Baca cara kerja Program Afiliasi)

Program afiliasi adalah salah satu bisnis digital yang membuat Anda mendapatkan uang dari internet. Sebab dengan mengikuti program afiliasi, Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif dengan sedikit modal!

Sebelum kita bahas lebih lanjut, kita harus tahu terlebih dahulu, apa itu Afiliasi dan Afiliator?

Pengertian Afiliator

Secara umum, afiliator berasal dari kata afiliasi. Afiliator berarti pihak yang mengikuti program afiliasi dari suatu perusahaan atau lembaga tertentu yang tugasnya adalah menawarkan produk perusahaan kepada orang lain dan akan mendapat komisi.

Dalam dunia bisnis khususnya marketing, afiliator memiliki peranan yang penting apalagi untuk produk-produk yang baru.

Para afiliator akan dapat menjadi penghubung antara perusahaan dengan mitra atau konsumen, misalnya untuk tujuan ekspansi bisnis, pengembangan, pemasaran bahkan penjualan produk suatu perusahaan. Dengan cara tersebut, afiliator akan memperoleh keuntungan dan penghasilan dari perusahaan.

Pengertian Afiliasi

Afiliasi adalah suatu program yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi jika Anda berhasil untuk mengajak orang lain membeli produk yang Anda promosikan. Semakin banyak produk yang terjual, semakin banyak pula komisi yang bisa Anda dapatkan.

Selain itu, pengertian afiliasi juga bisa dijelaskan secara lebih luas. Dalam konteks umum, afiliasi adalah hubungan kerja sama yang terjadi antara satu pihak dengan pihak lainnya. Kerja sama ini dibentuk dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan bersama.

Nah, prinsip itulah yang membuat afiliasi jadi salah satu peluang bisnis yang menggiurkan. Selain cara kerjanya sederhana, potensi komisi yang didapat pun sangat menggoda.

Patut dicatat bahwa jumlah komisi yang Anda dapatkan bisa berbeda-beda, tergantung kebijakan program afiliasi yang Anda ikuti, ada komisi 10 % hingga 70%.

Para pihak yang terlibat di dalamnya, yaitu ada tiga pihak yang terlibat langsung dalam program afiliasi adalah:

  • Pemilik Produk: bisa merupakan perusahaan, vendor, penjual, dan lainnya. Merekalah yang mengeluarkan program afiliasi ini.
  • Afiliator: orang yang mengikuti program afiliasi. Mereka bertugas memasarkan produk dari pemilik program afiliasi kepada calon konsumen.
  • Konsumen:  konsumen bisa membeli produk dari pemilik produk melalui penyedia program afiliasi.

Manfaat dan Keuntungan Program Afiliasi

Apa saja keuntungan afiliasi? Banyak. Contohnya seperti penghasilan pasif dan jam kerja yang fleksibel.

Apa saja keuntungan dari program afiliasi? Berikut adalah enam manfaat yang bisa Anda dapatkan dari afiliasi!

1. Penghasilan Pasif

Suatu pekerjaan pada umumnya mengharuskan Anda untuk berada di tempat kerja untuk mendapatkan uang. Sementara dengan program afiliasi, Anda akan tetap mendapatkan uang saat tidur sekalipun.

Promosi yang Anda lakukan di awal akan tetap berada di sana selamanya (kecuali jika Anda menghapusnya). Ini membuat uang tetap masuk berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan setelahnya.

Anda tak perlu berada di depan komputer untuk mendapatkan uang. Cukup duduk manis dan uang akan datang dengan sendirinya.

2. Modal Kecil

Perusahaan penyedia program afiliasi itu ada dua jenis. Pertama adalah perusahaan yang tak memberikan syarat wajib membeli produk mereka terlebih dahulu untuk mendaftar program afiliasi.

Sedangkan jenis kedua, perusahaan mewajibkan Anda untuk membeli produknya agar bisa ikut di program afiliasi mereka.

Jenis pertama bisa dikatakan gratis, tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Contoh afiliasi dengan jenis ini adalah Program Afiliasi Niagahoster dan Hoster.co.id Anda tak perlu membeli hosting harga jutaan terlebih dahulu untuk bisa ikut.

Untuk jenis kedua, sebaiknya pilihlah produk yang memang sedang Anda butuhkan. Jadi, Anda bisa memenuhi kebutuhan pribadi sekaligus mendapatkan uang dari produk yang orang beli dari program afiliasi.

3. Kerja dari Rumah

Anda bisa menjalankan strategi promosi link referral dari mana saja, termasuk dari sofa di rumah. Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet dan laptop/smartphone. Jadi, afiliasi adalah jenis pekerjaan sempurna bagi Anda yang lebih suka work from home daripada bekerja kantoran.

4. Jam Kerja Fleksibel

Anda tak terikat kontrak yang mengharuskan untuk mempromosikan program afiliasi setiap hari dari jam tertentu layaknya bekerja kantoran. Jadi, Anda sendirilah yang menentukan kapan saatnya promosi dan kapan saatnya bersantai.

5. Bisa Ikut Banyak Program Afiliasi

Anda mungkin merasa kalau mendaftar satu program afiliasi saja masih tidak cukup. Nah, tak perlu pusing karena Anda bisa ikut program afiliasi dari perusahaan lainnya di saat yang sama.

Anda bisa mendaftar ke tiga atau empat program afiliasi sekaligus, selama memang tidak bertentangan dengan syarat dan ketentuan dari perusahaan lainnya. Jadi, pastikan Anda membaca syaratnya terlebih dahulu agar tidak terkena konsekuensi di masa depan.

6. Penghasilan Murni dari Kerja Keras Anda

Pada pekerjaan lain, Anda bisa saja bekerja hingga 80 jam per minggu dan masih menghasilkan gaji yang sama. Hal ini tak berlaku apabila Anda ikut program afiliasi.

Uang yang didapatkan dari bisnis afiliasi itu tergantung sepenuhnya dari kerja keras usaha Anda melakukan promosi. Dengan kata lain, semakin niat usaha Anda, semakin besar pula hasil yang akan didapatkan.

Baca juga artikel kami di GOOGLE NEWS

Tinggalkan Balasan